Senin, 02 Mei 2011

Sejarah desa Tugurejo

Pada zaman dahulu ada sebuah hutan belantara yang diapit oleh dua bukit.
Hutan belantara tersebut ada benda bersejarah yang memiliki keyakinan mistic.
Benda itu adalah sebuah Tugu dan sebuah Arca (patung).
Pada awal sebelum terbentuk perkampungan ada seseorang yang sakti mandraguna melihat ada keanehan ditempat tersebut yang pada akhirnya ditemukannya sebuah batu Tugu dan Arca.
Akan tetapi tempatnya terpisah jauh,dan orang sakti tersebut mencoba menggabungkannya yaitu tugu dibawah sebagai alas dari arca tersebut. Akan tetapi gagal karena sewaktu dipindahkan pada malam hari setelah pergi orang sakti dari tempat penyatuan tugu dan arca lalu pagi harinya arca tersebut hilang dan kembali ke asalnya yaitu jauh dari tugu.
Orang yang sakti tersebut tetap berusaha menyatukan tugu dan arca tapi tetap saja gagal,karena orang sakti tersebut saking bingungnya lalu dia menyebut “TUGU ARCA” lalu mencoba menyatukan lagi dan sewaktu pagi harinya arca (patung) tersebut tetap menyatu dengan tugu alias tidak pindah (pergi) dari atas tugunya. Sejak saat itulah tempat tersebut dinamakan “TUGU-ARCA” dan lama kelamaan sampai sekarang berubah menjadi “TUGUREJO”
Dan disekitar tempat tersebut ada perkampungan antara lain BRIGASAN,BULUREJO,KANGGOTAN,TUGUR,PANDEYAN(tugur wetan),dan GABAHAN.

Sumber: Berbagai pendapat sesepuh Desa Tugurejo dan saya kaitkan dengan kejadian-kejadian disekitarnya.

Didukung oleh:
Http://bing.com
Http://google.com
Http://yahoo.com
Http://blogger.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar